Profil Pelatih : Jose Mourinho

Nama lengkap Jose Mario dos Santos Mourinho Felix, yang panggilan akrabnya Jose Mourinho. Dia lahir pada tanggal 26 Januari 1963 di Setubal, Portugal. Merupakan seorang pelatih kebangsaan Portugal dan masuk dalam salah satu pelatih terbaik dalam sejarah sepak bola.

Dimana prestasi-prestasi yang telah dicapainya selama ini, ketika dirinya kembali ke Chelsea pada 3 Juni 2013 silam. Dimana ketika itu pihak klub tersebut mengumunkan peresmian dirinya sebagai pelatih.

Pada tanggal 2 Juni 2008 sampai 30 Mei 2010, dia pun menjabat sebagai pelatih di Inter Milan. Mourinho sukses memberikan treble winner kepada tim raksasa Italia tersebut. Yang pada sebelumnya dia melatih Chelsea 2004-2007, Porto 2002-2004, U.D Leiria 2001-2002 dan juga Benfica pada tahun 2000.

Jose Mourinho
mourinho yang tidak menerima keputusan wasit

Kesuksesan Mourinho Bersama Klub Yang Dilatihnya

Pelatih berusia 54 tahun itu, telah dua kali memberikan Porto, Chelsea, dan Inter meraih gelar juara Liga. Sekaligus Mourinho mengantarkan Porto memenangkan juara Liga Champions dan Piala UEFA. Dengan kesukseskan yang diraihnya dia mendapatkan penghargaan sebagai pelatih sepak bola terbaik di dunia yang diberikan International Federation of Football History & Statistic.

Mourinho yang belajar di Universitas Teknik Lisbon, dirinya mampu membuktikan meraih gelar juara di bidang ilmu olah raga dalam ujian tentang metodologi sepak bola. Lalu dia pun menjelma sebagai pengajar, pelatih tim junior dan juga sebagai penerjemah Bobby Robson yang melatih di Sporting Lisbon.

Mourinho ditunjuk sebagai asisten pelatih, karena Robson yang pindah ke klub Porto dan Barcelona. Lalu menjabat asisten pelatih Louis Van Gaal, dan kini dia menjadi pelatih Manchester United untuk menggantikan pelatih Belanda tersebut.

Pelatih asal Portugal itu memang sudah dikenal dengan komentar-komentar yang diberikannya begitu tajam dan kontroversial. Ketika kedatangannya ke Chelsea di tahun 2004, dia mengatakan bahwa dirinya “sang istimewa” atau yang disebut The Special One. Dan juga penampilannya seperti bintang film, yang selalu berada di halaman utama baik itu berita ataupun gosip.

Dirinya merupakan pelatih yang memiliki kepribadian kuat dan mampu membuat sebuah tim mempuyai mental juara yang ditanganinya. Mourinho pun juga mendapatkan kritikan, karena bermain sepak bola dengan cara negatif.  Dan menjadi sebuah jaminan yang pasti untuk membuat prestasi. Maka dari itu, ada sebagian orang yang mengatakan bahwa dirinya pelatih spesialis piala yang mampu merebut empat gelar juara liga domestik di empat negara yang berbeda.

pelatih mourinho
mourinho kesal dengan keputusan wasit

Porto :

Jose Mourinho yang ditunjukkan untuk melatih Porto pada bulan Januari 2002, untuk menggantikan Ocatavio Machado. Menjabat sebagai pelatih dalam kurun waktu dua musim saja, dia sukses memberikan enam trofi dan sukses meraih treble winners di tahun 2003. Lalu pada tanggal 31 Mei 2004, Mourinho yang hengkang dari tim berjuluk OS Dragoes untuk melatih di Chelsea.

Chelsea :

Peresmian Jose Mourinho oleh pihak klub Chelsea pada tanggal 2 Juni 2004. Dalam debut pertamanya sebagai pelatih di musim 2004-2005, dia mampu memberikan The Blues gelar juara Premier League usai penantiannya selama 50 tahun. Dan di musim 2005-2006 pun, The Special One kembali mengantarkan timnya juara.

Inter Milan :

Mourinho yang selama sembilan bulan tidak melatih, dirinya ditunjuk untuk menjadi pelatih di Inter pada tanggal 2 Juni 2008 yang menggantikan Roberto Mancini. Presiden klub yang bernama Massimo Moratti, dia diberikan target untuk dapat meraih gelar juara Liga Champions 2009 yang finalnya diselenggarakan di Stadion Olimpico, Roma, Italia.

Lalu Mourinho memilih mantan pemain Inter di tahun 80-an, untuk menjadi asisten pelatihnya yang bernama Giuseppe Baresi. Dan bekerja dengan  Rui Faria (pelatih fisik), Silvino (Pelatih Inter) dan Andre Villas Boas (asisten pelatih teknik). Dimana tiga orang tersebut adalah stafnya ketika melatih Chelsea dan Porto.

Real Madrid :

Sukses bersama klub asal Italia, Inter Milan. Mourinho pun pergi untuk mencari tantangan baru ke Spanyol, bersama Real Madrid. Yang sebelumnya Presiden klub Florentino Prerez memecat Manuel Pellegrini di 27 Mei 2010. Dan dia pun di umumkan oleh pihak klub menjabat sebagai pelatih untuk Los Blancos.